Kamis, 07 November 2013

5. Golongan Mineral Karbonat



Merupakan persenyawaan dengan ion (CO3)2- , dan disebut karbonat. Seumpama persenyawaan Ca dinamakan kalsium karbonat CaCO3 dikenal sebagai menirel kalsit. Merupakan mineral utama pembentuk batuan sedimen.
Karbonat terbentuk pada lingkungan laut oleh endapan bangkai plankton. Carbonat juga terbentuk pada daerah evaporitik dan pada daerah karst yang membentuk gua , stalaktit dan stalagmit. Dalam kelas carbonat ini juga termasuk nitrat dan borat.
Karbonat, nitrat dan borat memiliki kombinasi antara logam atau semilogam dengan anion yang kompleks dari senyawa-senyawa tersebut.
Beberapa contoh mineral yang termasuk dalam kelompok karbonat adalah dolomite (CaMg(CO3)2 , calcite (CaCO3) dan magnesite (MgCO3).

Contoh deskripsi mineral karbonat :



A. Dolomit (CaMg(CO3)2
 











                   
Sistem Kristal              : Trigonal
Warna                          : Tidak berwarna , putih , merah muda
Goresan                       : Putih
Belahan dan pecahan  : Sempurna pada { 1011 }
Kekerasan                   : 3,5 – 4 Skala Mohs
Berat jenis                   : 2,85 g/cm3
Genesis                        : Dapat terbentuk pada lingkungan sedimen , melalui proses hidrotermal  dan terdapat dalam urat-urat . Dapat pula terbentuk secara metamorfisme.
Manfaat                      : Sumber logam magnesium dan senyawa magnesium oksida  yang digunakan untuk membuat batu bara tahan api.
Tempat ditemukan        : Tuban , Jawa Timur.
  




B. Kalsit (CaCO3)  












Sistem Kristal             : Trigonal 
Warna                         : Tak berwarna sampai putih , sering diwarnai oleh warna  abu-abu , merah ,  hijau sampai hitam bila tidak murni 
Goresan                      : Putih sampai keabuan 
Belahan dan pecahan : { 1011 } sempurna 
Kekerasan                  : 3 Skala Mohs
Berat jenis                  : 2,71 g/cm3
Genesis                       : Dapat terbentuk pada lingkungan batuan beku , sedimen , metamorf dan proses hidrotermal. Dapat juga diendapkan di sekitar mata air. 
Manfaat                     : Sumber senyawa CaCO3 , untuk membuat semen , campuran adukan semen , pupuk , industri kimia dan kapur tohor. 
Tempat ditemukan     : Kliripan ,Yogyakarta 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar